Batam Jazz Forum terbentuk pada tanggal 19 September 1999 yang bertujuan untuk menampung aspirasi penggemar musik jazz di Batam yang dalam perkembangannya turut mendukung promosi Batam melalui penyelenggaraan pentas jazz berkualitas internasional. Dikurun waktu 2 tahun (Sep 1999 – Sep 2001), BJF diakui sebagai kelompok penggemar musik jazz yang paling aktif menggelar pentas jazz di Indonesia. Hampir seluruh musisi jazz terbaik Indonesia pernah tampil di Batam atas prakarsa BJF.

Seiring dengan bertambahnya penggemar Jazz di Batam yang tidak hanya musisi, maka nama Batam Jazz Forum berubah menjadi Batam Jazz Society pada tahun 2011, dengan harapan dapat lebih merangkul para penggemar Jazz yang bukan hanya musisi, melainkan seluruh masyarakat yang mencintai genre ini.

Pada tahun 2014 dan 2015, UNESCO sebagai salah satu badan dunia menunjuk resmi Batam Jazz Society sebagai salah satu penyelenggara resmi acara International Jazz Day yang diadakan setiap tanggal 30 April, dan mencatatkan Batam sebagai salah satu kota di dunia yang mendukung International Jazz Day.

Perkembangan musik jazz di Batam diharapkan juga turut mempertegas komitmen Batam sebagai kota industri yang peduli terhadap pengembangan kegiatan kesenian. Sehingga pembangunan di Batam dapat dirasakan tidak hanya bagi kalangan dunia usaha tetapi juga bagi pencinta seni budaya dan juga masyarakat luas.